Minggu, 04 April 2010

MEKANISME KOMUNIKASI ANTARA INDIVIDU DENGAN INDIVIDU

Tugas Komunikasi Data & Jaringan Komputer


Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang mekanisme komunikasi antara individu dengan individu. Artikel ini saya buat guna melengkapi tugas Komunikasi Data dan Jaringsan Komputer.

Komunikasi adalah proses interaksi antara elemen-elemen yang menghasilkan suatu informasi. Biasanya komunikasi dilakukan dengan lisan maupun tulisan atau juga dengan bahasa tubuh.

Komunikasi bisa tercapai bila ada komponen-komponen tertentu. Komponen tersebut harus ada untuk mencapai suatu mekanisme sistem komunikasi.

Komunikasi Langsung

Proses-proses yang ingin dikomunikasikan harus memiliki sebuah cara untuk memilih satu dengan yang lain. Mereka dapat menggunakan komunikasi langsung/ tidak langsung.

Setiap proses yang ingin berkomunikasi harus memiliki nama yang bersifat eksplisit baik penerimaan atau pengirim dari komunikasi tersebut. Dalam konteks ini, pengiriman dan penerimaan pesan secara langsung dapat dijabarkan sebagai:

Sebuah jaringan komunikasi pada bahasan ini memiliki beberapa sifat, yaitu:

Elemen yang terdapat pada komunikasi a ini adalah :
Receiver dan Sender : Individu

INDIVIDU sender - receiver INDIVIDU


URAIAN MEKANISME :

Individu memberikan informasi berupa percakapan langsung berbicara dengan individu lainnya. Secara langsung dapat diterima baik oleh pendengar individu lainnya dengan menggunakan bahasa semiformal yang dimengerti oleh kedua belah pihak yaitu sender dan reicever.

●Dalam melakukan komunikasi tersebut media yang digunakan adalah gelombang suara.

●Individu akan memberikan feedback berupa tugas yang diminta oleh pendengar individu lainnya dengan benar, jika komunikasi tersebut dapat dimengerti oleh receiver atau individu lainnya.

Pembahasan ini memperlihatkan sebuah cara simetris dalam pemberian alamat. Oleh karena itu, baik keduanya yaitu pengirim dan penerima proses harus memberi nama bagi yang lain untuk berkomunikasi, hanya pengirim yang memberikan nama bagi penerima sedangkan penerima tidak menyediakan nama bagi pengirim. Dalam konteks ini, pengirim dan penerima secara sederhana dapat dijabarkan sebagai:

1 komentar: